Sabtu, 22 Juni 2013

ARTIKEL: PENTINGNYA PENDIDIK DALAM PENDIDIKAN

Pendidikan dengan Pendidik
Oleh: Nasib Tua Lumban Gaol
Tidak ada yang dapat menyangkal bahwa pendidikan itu penting. Karena sebenaranya proses pendidikan itu terjadi bukan hanya di dalam ruangan, melainkan di luar gedung juga. Dengan adanya pemberian contoh dari seseorang kepada orang lain sebenarnya itu sudah merupakan pendidikan.
Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional(2002 : 263) memberi batasan bahwa pendidikan adalah proses pengubahan sikap dan tatalaku seseorang atau kelompok orang dalam usaha mendewasakan manusia melalui upaya pengajaran dan pelatihan, proses, cara, perbuatan mendidik. Jadi memang pendidikan itu bisa dilakukan dimana pun juga, asalkan kegiatan itu ada menghasilkan perubahan sikap dan perilaku seseorang.
Dengan demikian, siapakah yang bisa dikatakan pendidik itu? Jadi, pendidik itu adalah para manusia yang sejatinya memberikan sesuatu perubahan bagi diri orang lain –perubahan dalam bersikap maupun berprilaku. Karena itulah, pendidik tidak hanya mereka yang berada di dalam kelas atau gedung sekolah saja melainkan kita semua yang memiliki kasih sayang kepada setiap umat manusia.
Keterikatan hubungan antara pendidikan dengan pendidik itu ibarat nafas dengan tubuh. Tubuh tidak berguna tanpa adanya nafas di dalam tubuh. Dengan kata lain tubuh sama saja sudah mati. Begitu juga pendidikan tidaklah ada apabila seorang pendidik itu tidak ada. 
Melihat betapa eratnya hubungan antara pendidikan dan pendidik maka sebenarnya kita tidak perlu terus-menerus menyalahkan pemerintah, karena sebenarnya kita semua adalah pelaku pendidikan –pendidik. Kita bisa membentuk sebuah komunitas bagi orang lain demi melahirkan pelaksanaan pendidikan yang berkualitas.
            Selain itu, ketika kita bertemu atau menjalin hubungan dengan orang lain: kita bersikap dengan sopan dan ramah, sebenarnya kita telah melaksanakan pendidikan. Semoga kita menjadi pendidik-pendidik yang dapat memajukan Republik Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar